Bunuh Diri Itu Boleh, Tapi Ini Syaratnya...


Dalam peradaban kehidupan, Manusia adalah mahluk paling sempurna dari seluk beluk penciptaanya, baik dalam jasmani maupun rohani. Hal ini seirama dengan tugas mereka disamping memiliki kesempurnaan juga tuntutan berat yang dirpikul di pundak mereka masing-masing. Allah berfirman;
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ
"Sungguh kami telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya." (QS.at-Tin;[95]:4)

Namun, Dari kesempurnaan ini membuat sebagian dari mereka lalai terbuai dengan indahya ranah kehidupan. Ada juga yang cenderung mensyukuri dengan berbagai metode atas nikmat Tuhan. Dalam agama islam manusia memiliki undang-undang tertentu dalam keyakinan mereka di waktu menjalani ritual-ritual keagamaan, yang merujuk atas hukum wajib, sunnah, serta mubah sebagai konsep paten dalam melangkahkan kaki di rel rel agama Islam.

Tentunya tak sedikit dari mereka yang melaksanakanya hanya untuk sekedar mengugurkan kewajiban, ini sebagai contoh dari maqam awam dimata agama. Ada juga yang melaksanakanya dengan sepenuh hati sehingga muncullah istilah bunuh diri. Hal ini memang aneh, namun, bagi kaum sufistik tak ubahya harga mati untuk menghilangkan sifat kemanusiaan, kebinatanggang, serta hal-hal yang memiliki tujuan tertentu selain Allah dalam hati.

Husain bin Mansyur al-Hallaj adalah pelopor bunuh diri yang sangat mashur. Hingga di kisahkan semenjak kehidupanya di balik jeruji dia semakin aneh karena hanya nama Allah yang ada di benakya, tanpa makan minum sehinga khalifah Mansyur memenggal kepalanya hingga darahya bercucuran mengelilingi kepalanya dengan membentuk lafal Allah.

Syekh Siti Jenar, dari bumi Nusantara juga termasuk pelopor bunuh diri sehingga para wali 9 kawatir atas perbuataanya dan berhujung pemenggalan kepala pula.


Hal ini sangat aneh bagi kita. Namun, bunuh diri adalah langkah terbaik dalam mengkikis hawa nafsu yang merajalela sehingga tak ada lagi rasa ingin harta, makanan dan fasilitas keduniaan, Mereka hidup tak ubahya hanya berzikir kepada Allah, tengelam dalam dunia spiritual.

Kehidupannya datar-datar saja. Tak pernah suspensi di sana-sini. Maklum dia bukan anak orang besar dan kaya. Tak pernah ada yang waw setiap hari.

Bagikan Yuk!!!

Sajian Yang Lain

Previous
Next Post »